Senin, 16 Agustus 2010

Materi Ujian ISBD

Kokomponen-Komponen analisis SWOT:
1. KEKUATAN
Kukuatan berada didalam kendali wirausaha dan terjadi sekarang

• Keahlian teknis
• Jaringan pelanggan yang baik
• Pengalaman manajerial
• System distribusi
• Haraga yang relative murah
• Peningkatan produk
• Kemasan
• Keunggulan teknologi
• Ciri-ciri produk (manfaat, keawetan)

2. KELEMAHAN
Kelemahan berada didalam kendali wirausaha dan terjadi sekarang

• Tidak bisa menguasai bahan baku
• Daur hidup produk terbatas
• Rancangan produk tidak baik
• Upaya penjualan lemah
• Harga yang relative tinggi
• Pemilik tidak memiliki keahlian tenis
• Kurang pengalaman profil
. Ketinggalan teknologi
• Tidak punya modal kerja
• Kurang persediaan pada puncak penjualan

3. PELUANG
Adalah faktor-faktor positif dan menguntungkan dalam lingkungan yang harus dimanfaatkan oleh wirausahawan atau faktor-faktor yang membuat ide bisnisnya menjadi layak.

• Pesaing yang sedikit dan lemah
• Peningkatan pendapatan dipasar sasaran
• Peningkatan permintaan
• Produk sejenis menguntungkan
• Bantuan teknis tersedia
• Akses pada bahan baku murah
• Tidak ada produk sejenis dipasar

4. ANCAMAN
Adalah faktor-faktor eksternal yang negative atau merugikan dan biasanya berada diluar kendali wirausahawan.
• Peningkatan biaya bahan baku
• Birokrasi pemerintah
• Kelangkaan bahan baku
• Bencana alam
• Terlalu banyak pesaing
• Pembajakan tenaga-tenaga terampil
• Prasarana yang kurang baik
• Penyelundupan

 Pengertian PASAR
Pasar untuk sebuah bisnis adalah semua orang yangberada diwilaya geografis tertentu yang membutukan barang atau jasa dan bersedia dan mampu membeli.
Pelanggan potensial dapat digambarkan sebagai:
• Orang yang membutuhkan dan mengingi barang atau jasa
• Orang yang mampu membeli barang dan jasa itu
• Orang yang mau membeli barang atau jasa itu

 Bauran Pemasaran
1. PRODUK

• Jenis bahan yang dipakai
• Ukuran
• Warna
• Rancangan
• Model
• Mutu
• Variasi
• Kemasan

2. HARGA

• Harga jual
• Diskon untuk pembayaran tunai
• Diskon musiman
• Penawaran khusus
• Fasilitas kredik kepada pelanggan
• Diskon untuk pembelian jumlah besar

3. POMOSI

• Periklanan
• Poster
• Peragaan
• Penjualan persona
• Pertunjukan
• Piblikasi
• Iklan per pos

4. TEMPAT PENYERAHAN

• Lokasi
• Penyimpanan
• Penggunaan pedagang besar
• Penggunaan pengecer
• Pembelihan bahan baku

ASPEK_ASPEK TEKNIS BISNIS
• Produk
• Produk konsumen dan produk industry
• Pemasok
• Rantai pasar
• Outsoursing
• Jenis-jenis outsoursing
• Kemitraan komersial

JENIS-JENIS OUTSOURSING
• Homeshoring
Adalah peralihan tugas dalam idustri jasa dari kantor ke karyawan yang berkantor dirumahnya masing-masing dengan fasilitas telpon dan internet yang memadai.
• Offshore outsoursing
Adalah praktek memperkerjakan organisasi lain untuk menjalankan beberapa atau semua fungsi bisnis dinegara lain dimana produk atau jasa akan dijual dan dikonsumsi.
• Subcontracting
Adalah transaksi antara dua mitra bisnis, yaitu antara kontraktor (pembeli) dengan sub-kontraktor (pemasok).

OUTSOURSING
Adalah pelimpahan untuk melakukan kegiatan selainkegiatan inti kepada perusahaan lain yang mengkhususkan diri dalam kegiatan-kegiatan itu.

LEASING
Adalah hak menggunakan aktifa (property, kendaraan, system computer) yang diberikan perusahaan leasing (lessor) kepada seseorang (biasanya disebut lessee atau tenant) selama jangka waktu yang sudah ditentukan atau tidak, dimana lessee memperoleh hak pemilikan atas property itu dengan melakukan serangkayan pembayaran yang sudah ditentukan atau tidak. Read More......

Kokomponen-Komponen analisis SWOT:
1. KEKUATAN
Kukuatan berada didalam kendali wirausaha dan terjadi sekarang

• Keahlian teknis
• Jaringan pelanggan yang baik
• Pengalaman manajerial
• System distribusi
• Haraga yang relative murah
• Peningkatan produk
• Kemasan
• Keunggulan teknologi
• Ciri-ciri produk (manfaat, keawetan)

2. KELEMAHAN
Kelemahan berada didalam kendali wirausaha dan terjadi sekarang

• Tidak bisa menguasai bahan baku
• Daur hidup produk terbatas
• Rancangan produk tidak baik
• Upaya penjualan lemah
• Harga yang relative tinggi
• Pemilik tidak memiliki keahlian tenis
• Kurang pengalaman profil
. Ketinggalan teknologi
• Tidak punya modal kerja
• Kurang persediaan pada puncak penjualan

3. PELUANG
Adalah faktor-faktor positif dan menguntungkan dalam lingkungan yang harus dimanfaatkan oleh wirausahawan atau faktor-faktor yang membuat ide bisnisnya menjadi layak.

• Pesaing yang sedikit dan lemah
• Peningkatan pendapatan dipasar sasaran
• Peningkatan permintaan
• Produk sejenis menguntungkan
• Bantuan teknis tersedia
• Akses pada bahan baku murah
• Tidak ada produk sejenis dipasar

4. ANCAMAN
Adalah faktor-faktor eksternal yang negative atau merugikan dan biasanya berada diluar kendali wirausahawan.
• Peningkatan biaya bahan baku
• Birokrasi pemerintah
• Kelangkaan bahan baku
• Bencana alam
• Terlalu banyak pesaing
• Pembajakan tenaga-tenaga terampil
• Prasarana yang kurang baik
• Penyelundupan

 Pengertian PASAR
Pasar untuk sebuah bisnis adalah semua orang yangberada diwilaya geografis tertentu yang membutukan barang atau jasa dan bersedia dan mampu membeli.
Pelanggan potensial dapat digambarkan sebagai:
• Orang yang membutuhkan dan mengingi barang atau jasa
• Orang yang mampu membeli barang dan jasa itu
• Orang yang mau membeli barang atau jasa itu

 Bauran Pemasaran
1. PRODUK

• Jenis bahan yang dipakai
• Ukuran
• Warna
• Rancangan
• Model
• Mutu
• Variasi
• Kemasan

2. HARGA

• Harga jual
• Diskon untuk pembayaran tunai
• Diskon musiman
• Penawaran khusus
• Fasilitas kredik kepada pelanggan
• Diskon untuk pembelian jumlah besar

3. POMOSI

• Periklanan
• Poster
• Peragaan
• Penjualan persona
• Pertunjukan
• Piblikasi
• Iklan per pos

4. TEMPAT PENYERAHAN

• Lokasi
• Penyimpanan
• Penggunaan pedagang besar
• Penggunaan pengecer
• Pembelihan bahan baku

ASPEK_ASPEK TEKNIS BISNIS
• Produk
• Produk konsumen dan produk industry
• Pemasok
• Rantai pasar
• Outsoursing
• Jenis-jenis outsoursing
• Kemitraan komersial

JENIS-JENIS OUTSOURSING
• Homeshoring
Adalah peralihan tugas dalam idustri jasa dari kantor ke karyawan yang berkantor dirumahnya masing-masing dengan fasilitas telpon dan internet yang memadai.
• Offshore outsoursing
Adalah praktek memperkerjakan organisasi lain untuk menjalankan beberapa atau semua fungsi bisnis dinegara lain dimana produk atau jasa akan dijual dan dikonsumsi.
• Subcontracting
Adalah transaksi antara dua mitra bisnis, yaitu antara kontraktor (pembeli) dengan sub-kontraktor (pemasok).

OUTSOURSING
Adalah pelimpahan untuk melakukan kegiatan selainkegiatan inti kepada perusahaan lain yang mengkhususkan diri dalam kegiatan-kegiatan itu.

LEASING
Adalah hak menggunakan aktifa (property, kendaraan, system computer) yang diberikan perusahaan leasing (lessor) kepada seseorang (biasanya disebut lessee atau tenant) selama jangka waktu yang sudah ditentukan atau tidak, dimana lessee memperoleh hak pemilikan atas property itu dengan melakukan serangkayan pembayaran yang sudah ditentukan atau tidak. Read More......

1 komentar:

  1. Slots | Las Vegas NV | JMHub
    The slots, 상주 출장안마 which feature a 계룡 출장마사지 full spectrum of paytable slots, have hit the market in a wide range of categories and have been in the top of the 양주 출장마사지 list for more 대구광역 출장안마 than a decade. 경주 출장마사지

    BalasHapus